Stoplah Minum Kopi Karena Anda Akan Merasakan Hal yang Berbeda Pada Tubuh Anda

Image result for konsumsi kopi

Minum kopi merupakan kebiasaan masyarakat dari zaman dulu sampai sekarang. Setiap sudut tempat warung minum, cafe pasti menyiapkan minuman kopi sesuai ciri khas mereka. Kopi banyak mengandung kafein yang apabila Anda suka meminumnya secara berlebihan dapat membuat kecanduan yang akan memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh Anda.

Jika Anda mulai stop konsumsi kopi, maka ini yang bakal terjadi sama tubuh Anda kalau Anda stop minum kopi:

1. Menurunkan berat badan

Dengan berhentinya minum kopi maka Anda akan mengurangi asupan kadar gula, menghindari resiko penyakit kardiovaskuler dan obesitas . Karena dengan secangkir teh atau kopi mengandung 10 persen gula dan secangkir latte mengandung 200 kalori. Dengan stop minum kopi, ada kemungkinan juga kalau berat badanmu turun.

2. Tidur menjadi lebih nyenyak

Anda akan merasakan tidur yang nyenyak ketika Anda terbebas dari kafein. Hal ini terasa pada Anda yang biasanya mengkonsumsi kopi setiap hari pagi dan malam. Konsumsi kafein 6 jam sebelum tidur bisa mengganggu siklus tidurmu di malam hari.

3. Anda akan merasakan sakit kepala

Bagi Anda yang suka minum kopi kalau tidak minum kopi dalam satu seharian akan membuat sakit kepala. Karena ketika Anda berhenti minum kopi maka tubuh Anda kekurangan adrenalin dan dopamin, hormon yang menstimulasi Anda untuk tetap terjaga. Tubuh Anda akan kebanjiran adenosine, hormon yang bertanggung jawab untuk istirahat dan kelelahan, memenuhi kepala, membuat perubahan di otak Anda yang berakhir dengan sakit kepala. oleh karena itu kalau Anda ingin menghentikan mengkonsumsi kopi maka berhentilah secara bertahap.

4. Anda akan merasakan kesulitan dalam berkonsentarsi

Stop kopi bakal membuat anda kelelahan dan sensitif yang bisa berdampak pada konsentrasi dan produktivitas Anda dalam bekerja. Stop kopi bisa meningkatkan hormon adenosine, hormon yang bikin Anda merasa lelah. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengunyah permen karet untuk tetap menjaga otak Anda ‘terbangun’ dan fokus. Kalau sudah seminggu berhasil stop kopi, fokusmu bakal kembali karena tubuhmu sudah bersih dari kopi.

5. Anda akan mengalami sembelit

Kafein akan terus membuat metabolisme di usus Anda bergerak, kalau Anda stop kopi, Anda bakal mengalami perubahan metabolisme alias sembelit. Tapi tidak perlu khawatir, ada banyak cara untuk tetap menjaga metabolisme seperti: makan banyak serat, minum air yang banyak, dan olahraga teratur.

Itulah diantaranya yang akan Anda rasakan disaat Anda mulai berhenti mengkonsumsi kopi. Oleh karena itu, berhentilah minum kopi secara bertahap untuk meminimalkan efek samping dari Anda berhenti mengkonsumsi kopi. Bagikan informasi ini kepada semua teman-teman Anda!

Sharing is caring!