Serangga Binatang Yang Berbahaya, Ketahui Cara Mengatasi Sengatannya

Image result for lebah

Setiap serangga memiliki sengatan yang dapat menimbulkan masalah bagi yang disengatnya. Sengatan atau gigitan serangga menimbulkan gejala yang berbeda-beda tergantung jenis serangga yang menyengat. Jika sengatan serangga menimbulkan reaksi alergi yang parah, maka butuh pengobatan yang tepat agar tidak berdampak pada kondisi kesehatan yang lebih serius. Serangga berbahaya merupakan jenis serangga yang sengatannya bisa menimbulkan reaksi atau kondisi berbahaya bagi kesehatan manusia.

Berikut beberapa jenis serangga berbahaya yang biasa Anda jumpai:

1. Nyamuk

Image result for nyamuk

Nyamuk merupakan serangga yang sengatannya menusuk kulit dan menghisap darah Anda. Sengatan nyamuk bisa menyebabkan benjolan rasa sakit, kemerahan, dan pembengkakan. Sebenarnya tidak semua nyamuk berbahaya, namun sebagian nyamuk bisa menjadi vektor atau penyebar penyakit serius seperti chikungunya, demam berdarah dengan (DBD), virus zika dan malaria. Untuk menghindari Anda dari serangan nyamuk maka Anda dapat mengunakan obat nyamuk,  rajin membersihkan ruangan atau kamar dan rutin menguras air di bak mandi agar tidak menjadi sarang nyamuk. Jika serangan nyamuk menimbulkan rasa gatal, demam, dan sesak nafas maka Anda harus segera mendapatkan penangganan dari dokter.

2. Semut Api

Related image

Semut serangga yang berukuran kecil tapi memiliki efek yang berbahaya. Contohnya: semut api yang berwarna kuning kemerahan akan menimbulkan dampak kemerahan dan pembengkakan pada kulit, serta sengatan yang dapat terasa begitu menyakitkan, sengatan semut api dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius bagi orang yang alergi terhadap sengatan tersebut. Jikalau Anda mendapat gigitan dari semut apa maka Anda harus lepaskan semut dari kulit Anda terlebih dahulu, kemudian cuci bagian kulit yang sakit, setelah itu Anda bisa kompres dengan air dingin untuk meredakan gatal dan mengurangi pembengkakan.

3. Lebah

Image result for lebah

Gejala yang muncul akibat sengatan lebah biasanya tidak parah, tetapi bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap sengatan lebah, maka dapat menimbulkan reaksi yang serius dan butuh penanganan segera. Sengatan lebah berbeda dengan sengatan serangga berbahaya lainnya, karena sengatan lebah meninggalkan duri sengat dari ekornya (stinger) di kulit Anda, yang perlu diambil dengan segera. Dan harus diberikan pengobatan untuk mencegah reaksi alergi berbahaya. Jika Anda disengat oleh lebah tidak menyebabkan reaksi alergi, maka pengobatan di rumah bisa Anda lakukan dengan mengeluarkan sengat lebah. Saat menjepit sengat untuk mencabutnya dari kulit, karena racun di dalam sengat dapat tertekan keluar dan masuk ke dalam tubuh. Hindari memencet atau mencungkil lokasi yang disengat menggunakan jari atau kuku, agar duri sengat tidak terdorong lebih dalam dan racun tidak menyebar atau semakin memasuki tubuh. Tempel kompres dingin ke bagian kulit untuk mengurangi rasa sakitnya.

Jika sengatan lebah menyebabkan reaksi alergi hingga terjadi kesulitan bernapas atau penurunan kesadaran, maka pertolongan dilakukan bersifat darurat, dan perlu ditolong dengan prosedur resusitasi jantung paru-paru. Dan harus segera mendapatkan pertolongan medis untuk mengatasi reaksi alergi yang dialami, terutama agar dapat kembali bernapas dengan leluasa.

Demikianlah beberapa serangga berbahaya dan cara mengatasinya kalau Anda tersengat atau digigit oleh serangga. Bagikanlah informasi ini kepada semua teman-teman Anda!

 

Sharing is caring!