Sarapan Pagi Dengan Makan Coklat, Bisa Mencegah Stroke Lho!

Image result for makan cokelat

Cokelat termasuk dalam camilan yang paling digemari di seluruh dunia. Hanya saja, cokelat biasanya tidak dikonsumsi di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh sensasi rasa yang sangat manis dari cokelat yang dianggap kurang cocok untuk dimakan di waktu pagi. Padahal, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari kebiasaan makan cokelat di pagi hari. Cokelat memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan berbagai organ dan jaringan tubuh. Asalkan dikonsumsi dengan porsi yang tepat dan berlebihan, maka Anda bisa mendapatkan khasiatnya.

Beberapa dampak yang bisa Anda dapatkan jika makan cokelat di pagi hari adalah:

1. Membuat aliran darah meningkat

Pakar kesehatan menyebut kandungan kakao di dalam cokelat mampu memberikan dampak layaknya aspirin, yakni mengencerkan darah. Hal ini berarti, rutin makan cokelat, khususnya di pagi hari bisa membuat aliran darah dan sirkulasi darah meningkat. Organ dan jaringan tubuh akan mendapatkan pasokan darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal. Hal ini akan berimbas pada tubuh yang akan terasa jauh lebih bugar.

2. Membuat sistem metabolisme meningkat

Mengkonsumsi cokelat dengan porsi dan yang tepat, bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Karena colkelat dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Jika Anda memakannya di pagi hari, sistem metabolisme tubuh akan berjalan dengan lancar dan Anda pun tidak akan mudah mengalami sensasi kembung atau perut yang penuh seharian.

3. Meningkatkan fungsi otak

Meningkatnya sirkulasi darah menuju ke otak akan membuat organ ini bekerja dengan lancar. Fungsi kognitif, fungsi memori, dan berbagai fungsi lain dari otak akan mampu berjalan dengan lebih baik. Anda pun bisa berpikir, berkonsentrasi, dan mendapatkan ide-ide dengan lebih mudah setelah makan cokelat di pagi hari.

4. Mencegah datangnya stroke

Swedia selama 5 tahun membuktikan bahwa wanita yang rutin makan cokelat dengan jumlah lebih dari 45 gram dalam seminggu mampu menurunkan risiko terkena stroke hingga 20 persen lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang hanya mengonsumsi cokelat kurang dari 9 gram. Konsumsi cokelat harus dibatasi karena biasanya kadar gulanya cukup tinggi.

5. Membuat suasana hati meningkat

Peningkatan aliran darah yang didapatkan setelah makan cokelat akan membuat otak bekerja dengan maksimal. Hal ini akan berpengaruh besar bagi emosi dan suasana hati. Selain itu, rasa manis dari cokelat akan membuat otak memproduksi hormon yang bisa menurunkan stres atau tekanan pikiran. Jika Anda mengonsumsinya di pagi hari, pikiran dan suasana hati akan menjadi lebih baik sehingga kita pun lebih siap untuk menjalani berbagai aktivitas.

6. Baik bagi kesehatan jantung

Mengonsumsi cokelat hitam bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan anti inflamasi yang bisa mengatasi berbagai faktor yang bisa memicu datangnya penyakit jantung tersebut.

7. Bisa membantu perut kenyang lebih lama

Dr. David Katz dari Yale University’s Prevention Research Center menyarankan kita untuk makan cokelat saat sarapan demi membantu perut kenyang lebih lama sehingga tidak akan mudah tergoda mengonsumsi camilan tidak sehat sebelum jam makan siang.

Itulah manfaat sehat dari makan cokelat yang rutin dan sesuai porsinya. Bagikan informasi ini kepada semua teman-teman Anda!

Sharing is caring!