Negara Yang Memiliki Penduduk Lansia Yang Tersehat Didunia

Related image

Usia yang menua ditandai dengan kondisi fisik yang menurun. Apalagi jika semasa usia produktif pola hidup sehat tidak diterapkan, kemungkinan besar masa tua Anda akan dihantui penyakit kronis seperti penyakit jantung, pembuluh darah, dan hipertensi hingga yang terburuknya adalah kanker.

Ada beberapa negara di dunia yang memiliki penduduk lansia yang hidup dengan sehat, diantaranya:

1. Swiss

Para lansia di Swiss termasuk yang paling sehat di antara negara lainnya. Ketika di negara lain warganya sudah mengalami penyakit kronis sebelum genap berusia 65 tahun, warga negara Swiss yang usianya di atas 76 tahun baru memiliki tanda-tanda kesehatan yang tidak baik dan jumlahnya pun tidak besar. Ini dikarena negara swiss memiliki layanan kesehatan kelas dunia dan skor Indeks Akses dan Kualitas Kesehatan (HAQ) yang hampir sempurna, yaitu 95,5 dari 100. HAQ itu sendiri mengukur akses warga negara ke layanan kesehatan berkualitas tinggi untuk menyelamatkan jiwanya. Swiss masuk ke dalam peringkat 5 besar negara paling bahagia bersama dengan negara Nordik lainnya, seperti Finlandia, Norwegia, Islandia, dan Denmark. Kesehatan lansia di Swiss didominasi oleh optimisme serta kebahagian.

2. Singapura

Negara kecil yang kerap dikunjungi oleh para pelancong dari Indonesia ini memiliki lansia yang sehat. Karena sebelum berusia 76 tahun, masyarakat Singapura masih dalam keadaaan prima. Singapura dan Swiss pun mampu mengalahkan negara adidaya Amerika Serikat yang batas kesehatan lansianya hanya di angka 68 tahun. Sama seperti Swiss, perawatan kesehatan di Singapura sangat baik. Pemerintah Singapura memudahkan penduduknya dalam mengakses instansi kesehatan. Makanan sehat mudah didapatkan dan harganya murah. Satu hal yang menarik dari negara ini adalah dibuatnya tantangan bagi para lansia agar tetap aktif bergerak. Atas partisipasi warga lansia, pemerintah memberikan apresiasi kepada warganya yang berhasil meningkatkan aktivitas fisik dengan sejumlah hadiah.

3. Korea Selatan dan Jepang

Para lansia di dua negara ini mampu menunda munculnya penyakit hingga berusia di atas 75 tahun. Korea Selatan dan Jepang pun memiliki tingkat obesitas terendah di dunia dengan masing-masing hanya 5 persen dan 3 persen dari populasi. Rahasia sehat dan panjang umur dari dua negara ini adalah konsumsi ikan laut yang baik untuk kesehatan jantung dan makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan usus. Masyarakat di Okinawa, Jepang, banyak yang hidup lebih dari 100 tahun karena memiliki pola makan yang luar biasa sehat. Dengan demikian, di usia lansia sekalipun mereka terhindar dari berbagai gangguan penyakit, khususnya penyakit kardiovaskular.

4. Italia

Masyarakat Italia gemar merokok, nyatanya diet Mediterania yang dilakukan setidaknya berpengaruh pada kesehatan mereka hingga usia 75 tahun. Orang Italia tidak terlalu menggemari makanan cepat saji. Mereka lebih suka makanan yang diolah secara tradisional dan makan secara santai, sehingga tidak mengganggu metabolisme tubuh. Makan santai bersama kerabat dan keluarga sudah menjadi budaya masyarakat Italia. Sedangkan, Pakar Makanan Italia bernama Marco Bolasco mengatakan kepada Reader’s Digest bahwa konsumsi makanan cepat saji sama sekali bukan budaya mereka.

Itulah negara-negara yang termasuk negara tersehat didunia. Bagikan informasi ini kepada semua teman-teman Anda!

Sharing is caring!