Beberapa Daerah Di Indonesia Memiliki Biaya Pernikahan Termahal, Anda Sanggup?

Image result for pernikahan suku nias

Setiap pasangan pasti menginginkan suatu pernikahan untuk mensah hubungan mereka dengan pasangan yang mungkin sudah dijalin lama atau dijodohkan dengan orang tua. Sebelum pernikahan mereka disahkan ada syarat atau aturan yang harus pasangan masing-masing penuhi karena secara umum pernikahan di Indonesia masih mengikuti adat dari daerah masing-masing diantaranya, mahar yang harus dipenuhi ada dari yang murah sampai yang mahal, upacara adat yang juga membutuhkan biaya yang tidak murah juga. Hal itu dapat kita lihat pada beberapa daerah yang memiliki biaya pernikahan yang termahal di Indonesia :

1. Suku Bugis –> Sulawesi

Image result for pernikahan suku daerah indonesia termahal

Menikah dengan orang bugis terlebih wanita suku bugis itu membutuhkan panai yang sangat mahal. Panai dari suku bugis sama juga artinya dengan mahar pernikahan. harga panai disesuaikan dengan status wanita tersebut semakin tinggi sekolah dan pekerjaannya maka panainya semakin mahal. Tidak sampai itu juga,selain panai si pria juga harus menyiapkan uang adat berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak keluarga dan juga si pria harus menyiapkan emas dan tanah untuk pihak keluarga wanita. Nah loe yang mau menikahi wanita bugis mulai tabung tuh dari sekarang.

2. Suku Banjar –> Kalimantan

Image result for pernikahan suku banjar

Mahar dari suku banjar disebut dengan jujuran. Jujuran yang harus disiapkan antara 5-20 juta bahkan bisa ampai lebih. Selain itu Anda juga harus menyiapkan semua peralatan rumah tangga dari isi kamar tidur, dapur dan lain-lainnya. Bahkan banyaknya tamu undangan dilihat dari banyaknya jujuran yang diberikan oleh pihak laki-laki. Semakin besar uang jujuran maka semakin banyak tamu undangan dan sebaliknya.

3. Suku Aceh –> Aceh

Image result for pernikahan suku aceh

Mahar di aceh juga sangat mahal karena mengunakan emas dari 3-33 mayam,sedangkan 1 mayam seharga 1,7 juta rupiah. Pihak laki-laki juga harus menyiapkan uang pernikahan dan uang resepsinya.

4. Suku Sasak –> Lombok

Related image

Bagi Anda yang akan menikahi wanita dari suku sasak harus memnyiapkan mahar berdasarkan jarak rumah dimana semakin jauh jarak rumah maka semakin mahal maharnya. Tidak hanya itu mahar juga dilihat dari status kebangsawanan si gadis,pendidikan dan pekerjaannya.

5. Suku Batak –> Sumatera Utara

Image result for pernikahan suku batak

Lain daerah lain pula adat istiadatnya, di Suku batak mahar disebut juga Sinamot. Sinamot disuku batak sangatlah besar terlebih kalau si wanita memiliki pendidikan tinggi dan pekerjaan pegawai negri maka sinamot yang harus disiapkan bisa sekitar 50 juta rupiah. Sinamot belum termasuk uang adat dan resepsi pernikahan. Adat batak terbilang sangat ribet dan membutuhkan biaya yang sangat besar.

6. Suku Nias –> Kepulauan Nias Sumut

Image result for pernikahan suku nias

Pada suku nias mahar untuk menikahi wanita nias adalah 25 ekor babi sedangan harga babi per ekornya rata-rata 1 juta rupiah jadi Anda kebayang berapa uang yang harus Anda siapkan? Tapi jangan risau Anda tetap bisa menikahi gadis pujaan hati Anda kalau tidak sanggup membayar 25 ekor babi sebagai gantinya kamu harus mengabdi kepada mertua Anda sampai berjumalah 25 ekor babi lunas.

Itulah diantaranya pernikahan termahal di Indonesia yang sangat membutuhkan modal yang sangat besar. Jadi bagi Anda yang berencana atau yang akan menikah dengan salah satu gadis dari suku diatas harus berkerja keras untuk bisa memenuhi mahar pernikahannnya. Bagikan informasi ini kepada semua teman-teman Anda!

 

Sharing is caring!