Anda Memiliki Benjolan Dileher, Waspadailah Penyebab Dari Penyakit Ini

Image result for benjolan leher

Benjolan di leher adalah gangguan kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Walaupun benjolan di leher tidak sakit, namun harus tetap diperiksakan ke dokter untuk mengetahui apakah ada kelainan pada kelenjar tiroid. Sebagian besar benjolan di leher dan pembengkakan di bawah kulit tidak berbahaya dan sembuh atau hilang dengan sendirinya.

Benjolan dileher itu disebabkan oleh beberapa penyakit diantaranya:

1. Tuberkulosis (TBC)

Related image

TBC penyakit yang berhubungan dengan kesehatan paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis ini ternyata menyerang bagian lain seperti kelenjar, sehingga menyebabkan kelenjar getah bening di leher. Penyakit TBC diawali dengan demam berkepanjangan, batuk berlangsung lama, nafsu makan menurun, serta benjolan di leher, ketiak dan paha. Sering ditemukan adalah benjolan di bagian leher. Benjolan terlihat mengelompok. Selain itu, benjolan dapat sewaktu-waktu dapat pecah dan mengeluarkan cairan seperti nanah.

2. Gangguan Kelenjar Getah Bening

Image result for benjolan leher gangguan kelenjar getah bening

Kelenjar di leher berupa benjolan paling sering disebabkan oleh gangguan kelenjar getah bening. Penyebab benjolan di leher ini bisa disebabkan oleh adanya infeksi pada kulit kepala, sinus, amandel, tenggorokan, gusi, gigi maupun kelenjar ludah. Infeksi ini disebabkan oleh virus dan bakteri. Pembesaran kelenjar getah bening dalam jangka waktu yang cepat yang dapat disebabkan oleh adanya sel kanker.

3. Struma

Related image

Struma adalah benjolan di leher tapi tidak sakit dapat disebabkan karena adanya pembesaran kelenjar gondok atau kelenjar tiroid. Penyakit ini disebut struma. Struma dapat disebabkan oleh autoimun, infeksi THT (telinga, hidung dan tenggorokan), tinggi dan rendahnya hormon yang dilepas oleh kelenjar ini. Biasanya pembesaran yang disebabkan ketidakseimbangan hormon dapat mengecil dengan sendirinya saat hormon itu jumlahnya akan kembali normal. Struma dapat disebabkan oleh adanya sel-sel yang pertumbuhannya abnormal. Bila sel itu adalah tumor ganas biasanya benjolan malah cepat membesar sehingga harus segera diangkat.

4. Infeksi Kulit Kepala

Image result for benjolan leher infeksi kulit kepala

Benjolan kecil di leher muncul karena adanya kulit kepala yang terinfeksi. Kondisi ini menjadi gatal dan terasa sakit. Nanah yang terbentuk dapat menyebabkan peradangan. Benjolan di leher yang tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dengan obat oles.

5. Radang Amandel

Image result for benjolan leher radang amandel

Radang Amandel disertai pembengkakan dapat menyebabkan benjolan di leher. Penderita biasanya akan mengalami demam, rasa sakit saat menelan dan batuk. Penyakit ini paling sering menyerang anak-anak sebelum mengalami puber. Penyakit yang sering disebut dengan tonsilitis ini dapat disembuhkan dengan mengonsumsi antibiotik.

itulah beberapa penyakit yang menyebabkan benjolan dileher. Adapun penyakit lain selain yang diatas adalah cedera otot leher, alergi. Oleh karena itu Anda harus selalu perhatikan kesehatan tubuh Anda dari berbagai macam penyakit yang semakin banyak seiring perkembangan zaman. Bagikan informasi ini kepada semua teman-teman Anda!

 

Sharing is caring!