Anak Muda Sering Merasa Sakit Pinggang, Hati-Hati Bisa Pertanda Penyakit Serius

Image result for tanaman herbal untuk hipertensi

Sakit pinggang biasanya muncul karena aktivitas berat yang dilakukan sehari-hari. Jangan salah sakit pinggang bisa menjadi gejala dari adanya penyakit serius. Tekanan darah dalam tubuh bisa setiap saat meningkat disebut dengan hipertensi. Hipertensi terjadi ketika ada pembuluh darah yang menyempit sehingga tekanan di dalam pembuluh darah pun akan meningkat. Jika jumlah darah yang mengalir bertambah, maka tekanan darah akan meningkat.

Hipertensi disebabkan karena beberapa faktor seperti keturunan, usia, konsumsi garam, kolesterol, obesitas/kegemukan, rokok, kafein, alkohol dan juga kurangnya berolahraga. Hipertensi dapat diobati dengan mengunakan obat herbal untuk hipertensi bisa berasal dari tanaman-tanaman yang ada di sekitar Anda, diantaranya:

1. Belimbing wuluh

Image result for tanaman herbal untuk hipertensi

Buah belimbing wuluh bisa dikonsumsi sebagai obat herbal untuk hipertensi. Dibutuhkan tiga buah belimbing wuluh yang sudah dicuci bersih. Potong-potong belimbing wuluh seperlunya, lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin barulah disaring dan kemudian diminum setelah makan pagi.

2. Bayam kucing

Image result for tanaman herbal untuk hipertensi bayam kucing

Agar bisa dijadikan obat herbal untuk hipertensi dibutuhkan biji dari bayam kucing sebanyak 30 gram. Biji bayam kucing kemudian direbus dalam 1 gelas air, tunggu hingga menjadi setengah gelas air saja. Lalu dibagi untuk dua kali minum.

3. Ketepeng Sapi

Image result for tanaman ketepeng sapi

Untuk menyembuhkan hipertensi, siapkan 15 gram biji ketepeng sapi yang sudah disangrai (digoreng tanpa menggunakan minyak) sampai berwarna kuning. Lalu digiling hingga terasa kesat dan ditambah gula secukupnya. Setelah itu diseduh dengan air panas atau bisa juga direbus. Minuman ini bisa dikonsumsi sebagai pengganti teh.

4. Buah Mindi

Related image

Buah mindi digunakan sebagai obat herbal untuk hipertensi adalah daunnya. Cuci daun mindi yang segar sejumlah tujuh lembar, lalu rebus dengan dua gelas air hingga airnya hanya tersisa satu gelas saja. Setelah dingin, saring, dan minum sehari dua kali masing-masingnya setengah gelas saja.

5. Buah Murbei

Image result for tanaman buah murbei

Bagian dari tanaman murbei yang digunakan untuk mengobati hipertensi adalah daun dan buahnya. Ambil daun murbei segar sebanyak 15 gram lalu cuci bersih  dan direbus dengan dua gelas air dalam waktu sekitar 15 menit. Setelah dingin, saring lalu dibagi untuk 2 kali minum yaitu pagi dan sore. Untuk buahnya, rebus sebanyak 30 gram dengan 2 gelas air selama kurang lebih 15 menit, dinginkan, peras dan saring. Hasil saringan inilah yang airnya bisa diminum dua kali dengan jumlah sama banyak.

Itulah beberapa tanaman yang bisa dijadikan obat herbal untuk mengobati penyakit hipertensi. Bagikan informasi ini kepada semua teman-teman Anda!

Sharing is caring!