Anak Kurus Bukan Berarti Berpenyakitan, Ini Yang Menyebabkannya

Image result for anak kurus

Setiap orang tua pasti mengkhawatirkan tumbuh kembang anaknya. Anak memiliki postur dan berat badan yang kurang dari kata ideal alias kurus. Penyebab anak kurus ada berbagai macam. Tubuh yang kurus tidak selalu mengindikasikan kalau anak tidak sehat. Sebelum Anda bingung dan khawatir, faktor-faktor yang menyebabkan anak kurus adalah:

1. Kurang Nutrisi

Penyebab anak kurus yang paling umum adalah kurang asupan nutrisi atau disebut malanutrisi. Saat dilahirkan, anak mungkin saja memiliki berat badan yang normal. Namun, kurangnya nutrisi yang didapat selama masa pertumbuhan pada akhirnya menyebabkan kondisi malanutrisi. Akibatnya, tubuh anak akan terlihat kurus dan proses pertumbuhannya pun tidak selayaknya anak pada umumnya. Selain kurus, anak juga lebih rentan terhadap serangan penyakit.

2. Konsumsi makanan yang salah

Membiarkan anak untuk mengonsumsi makanan kurang gizi seperti junk food atau makanan yang mengandung kadar gula tinggi menyebabkan anak akan mengalami malanutrisi yang ditandai oleh tubuhnya yang kurus dan sulit gemuk. Minimnya kandungan gizi pada makanan-makanan seperti itu memang menjadi penyebab anak kurus padahal banyak makan yang tak bisa disangsikan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda para orang tua tidak terus-terusan menuruti kemauan anak untuk mengkonsumsi makanan kurang gizi. Bukan berarti tidak dilarang, namun dibatasi sembari diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah.

3. Gangguan Pencernaan

Adanya gangguan pada sistem pencernaan menjadi faktor penyebab anak kurus. Akibat tidak optimalnya fungsi sistem pencernaan pada anak, otomatis nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak tidak dapat tersalurkan dengan baik.

4. Penyakit

Adanya penyakit tertentu yang diderita oleh anak Anda menjadi penyebab anak kurus, hilang nafsu makan sehingga sulit bagi tubuhnya untuk berkembang. Beberapa contoh penyakit yang memicu tubuh kurus pada anak adalah:

  • TBC
  • Infeksi saluran kemih
  • Gangguan saraf motorik mulut (oral)

Pada kondisi terganggunya saraf motorik oral, hal ini dikatakan berkaitan karena akibat sang anak sulit untuk mengunyah dan menelan makanan yang ia makan, frekuensi makan pun menjadi terhambat yang secara tidak langsung berdampak pada kurangnya asupan nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh, sehingga anak menjadi kurus.

5. Lingkungan Tidak Sehat

Faktor lingkungan menjadi penyebab anak kurus padahal banyak makan. Lingkungan yang tidak sehat atau higienis yang notabene terdapat banyak virus dan bakteri, akan menyebabkan buah hati Anda berisiko terserang infeksi. Akibatnya, anak akan menderita penyakit-penyakit yang salah satu dampaknya adalah membuat berat badan mereka menurun dan tubuh menjadi kurus. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan rumah maupun lingkungan sekitar guna meminimalisir datangnya penyebab anak kurus yang satu ini.

Itulah beberapa yang menyebabkan anak Anda mengalami kurus tidak hanya disebabkan oleh penyakit. Bagikan informasi ini kepada semua teman-teman Anda!

 

Sharing is caring!