Manfaat Sarsaparilla Untuk Kesehatan Tubuh Anda, Mungkin Belum Anda Tahu?

Image result for sarsaparilla

Sarsaparilla dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Tanaman tropis ini kerap disajikan dalam bentuk teh, maupun minuman bersoda yang kita kenal sebagai ‘saparila’ dan menjadi minuman tradisional khas Yogyakarta. Sarsaparilla adalah jenis tumbuhan tropis yang masuk ke dalam genus SmilaxSarsaparilla banyak tumbuh di area hutan hujan Amerika Selatan, Honduras, Meksiko, Jamaika, Kepulauan Karibia, hingga India. Akar sarsaparilla dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti radang sendi, demam, masuk angina, hingga gangguan pencernaan dan kanker sekalipun. Minuman sarsaparilla menjadi semacam simbol gengsi dan kemajuan.

Beberapa manfaat sarsaparilla untuk kesehatan:

1. Anti-bakteri

Sarsaparilla ternyata efektif dalam mengatasi penyakit diare. Diare adalah salah satu penyakit gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri. Zat antimikroba yang ada pada sarsaparilla ampuh melawan bakteri S. typhimunium, E. coli, dan S. flexneri. Jika efektifitas sarsaparilla dalam mengobati diare lebih baik daripada obat anti-diare umum. Zat antibakteri diare yang ada pada sarsaparilla juga berfungsi untuk mengurangi kontraksi pada usus.

2. Menambah Daya ingat

Mengonsumsi sarsaparilla mampu menambah daya ingat. Sarsaparilla mengandung zat yang disebut sarsapogenin dan memiliki fungsi untuk meningkatkan daya ingat otak.

3. Mengobati Sifilis

Sarsaparilla berkhasiat untuk mengobati penyakit sifilis dan lepra. Para ilmuwan meneliti tak kurang dari 60 senyawa yang ada di dalam kandungan sarsaparilla. Dari 60 senyawa yang diuji ke 6 jenis bakteri dan 1 jenis jamur, 18 senyawa di antaranya dinilai efektif membunuh bakteri tersebut, sedangkan satu senyawa berhasil mematikan jamur.

4. Mengobati Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi di mana kulit menjadi bersisik dan terdapat bercak merah yang terasa nyeri. Psoriasis disebabkan oleh adanya penumpukan sel kulit mati. Sarsparilla adalah solusi untuk mengatasi psoriasis. Manfaat sarsaparilla untuk kesehatan kulit ini dikarenakan adanya kandungan senyawa steroid saponin yang dapat memproduksi endotoksin untuk mengikat toksin. Masalah kulit lainya yang bisa diatasi dengan mengonsumsi sarsaparilla adalah ruam, luka, dan eksim.

5. Anti-inflamasi

Sarsaparilla memiliki zat yang sifatnya antiinflamasi. Sarsaparilla berkhasiat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi, seperti reumatik, arthritis, dan encok.

6. Menambah Hormon Testoteron

Kandungan senyawa steroid berupa saponin yang ada pada sarsaparilla juga menjadikan tumbuhan ini efektif dalam meningkatkan dan mengendalikan kadar hormon testoreron di dalam tubuh.

7. Menjaga Fungsi Hati (Liver)

Sarsaparilla dikonsumsi dalam bentuk teh dan minuman bersoda ini juga memiliki manfaat untuk menjaga fungsi hati. Manfaat sarsaparilla disebabkan oleh adanya kandungan flavonoid yang memang kegunaannya untuk merawat dan memperbaiki fungsi hati.

8. Anti-Kanker

Manfaat minuman sarsaparilla terkait dengan pencegahan dan pengobatan penyakit serius seperti kanker. Sarsaparilla adalah salah satu alternatif yang bisa Anda pilih untuk mencegah timbulnya sel kanker di dalam tubuh. Sarsaparilla mempunyai zat anti-tumor yang mampu mencegah terjadinya kanker hati dan kanker payudara. Penelitian terhadap potensi  manfaat sarsaparilla ini baru dilakukan melalui medium tikus sehingga perlu penelitian lebih lanjut dengan objek manusia untuk memastikan khasiatnya tersebut.

Itulah beberapa manfaat dari tumbuhan sarsaparilla untuk kesehatan tubuh. Bagikan informasi ini kepada semua teman-teman Anda!

Sharing is caring!